Sound

Teknik Penataan Sound System untuk Event Lapangan atau Outdoor

Penataan Sound System

Teknik penataan sound system yang baik memiliki peran sangat penting dalam mendukung keberhasilan sebuah event outdoor. Jadi, pihak panitia harus melakukan segala sesuatunya harus dengan benar dan terencana. 

Simak informasi mengenai apa saja dan bagaimana Cara pemasangan sound system yang benar di artikel ini: 

Teknik Penataan Sound System

Menyelenggarakan sebuah event outdoor pastinya tidak hanya menggunakan instalasi sound system sederhana. Dibutuhkan penataan yang lebih kompleks, professional dan menyeluruh untuk memberi hasil maksimal kepada pengunjung.

Berikut panduan penataan sound system yang perlu Anda ketahui:

1. Persiapkan dari Awal

Anda harus melakukan persiapan dan pengecekan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan acara, termasuk mengecek lokasi event. Peralatan yang tepat, berfungsi tidaknya alat juga wajib untuk Anda perhatikan.

2. Tempatkan Perangkat Keras di Lokasi

Cara ini dapat mempermudah Anda mengatur perangkat tersebut dengan leluasa tanpa direpotkan oleh adanya kabel.

3. Posisikan Speaker Dengan Baik

Pastikan bahwa Anda menempatkan speaker pada posisi terbaik agar dapat menghasilkan suara maksimal untuk event tersebut. Hindari menempatkan speaker terlalu jauh agar tidak terjadi delay. Perhatikan juga arah angin di lapangan untuk suara terbaik.

4. Cek Monitor Speaker

Monitor harus berada di tengah, menghadap ke arah panggung. Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu monitor jika event tersebut besar. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

5. Pilih Tempat Terbaik Untuk Meja Mixing

Idealnya Anda harus menempatkan meja mixing ini di tengah lokasi event. Namun, jika tidak memungkinkan, Anda dapat meletakkannya di sisi kiri atai kanan panggung. Pastikan bahwa peralatan tersebut dilengkapi dengan pelindung karena ketidakpastian cuaca dan berada di luar ruangan.

6. Pastikan Suara yang DIhasilkan Tidak Terlalu Keras

Ini merupakan salah satu langkah penting dari Cara memasang sound system yang benar. Suara yang terlalu keras membuat pengunjung dan pendengar tidak nyaman. Bahkan ada kemungkinan mereka akan meninggalkan acara lebih cepat karena terlalu pekak. Gunakan spectrum analyzer untuk mengetesnya kemudian selaraskan sistemnya.

7. Lakukan Pengecekan Secara Menyeluruh Setelah Pemasangan

Pastikan bahwa Anda melakukan pengecekan secara menyeluruh setelah melakukan pemasangan sound system tersebut. Jika perlu Anda berjalan mengelilingi lokasi untuk memastikan semua sudah sesuai rencana.

Kunjungi akusewa.com jika perlu menyewa berbagai peralatan sound system dan lighting untuk event yang dipercayakan kepada Anda.

Dengan teknik di atas, Mas Kus harap Anda dapat melakukan teknik penataan sound system yang tepat untuk event yang akan Anda tangani. Semoga berhasil!

One thought on “Teknik Penataan Sound System untuk Event Lapangan atau Outdoor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *