Apa Itu Standing AC? Ini Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Sumber : Canva

Alt text : Apa itu standing AC

Deskripsi : Gambar header artikel 

Ketika Anda menyelenggarakan suatu event, menyediakan alat pendingin ruangan adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Terutama, di negara tropis seperti Indonesia. Saat membuat acara, penggunaan standing AC sangat diperlukan. Hanya saja, masih banyak orang yang belum tahu apa itu standing AC, fungsi, dan bagaimana cara kerjanya. 

Padahal, standing AC merupakan salah satu alat pendingin ruangan yang paling fleksibel di antara jenis alat lainnya. Karena itu, berikut adalah segala hal yang perlu Anda tahu tentang definisi, fungsi, dan cara kerja dari standing AC yang perlu Anda ketahui! 

Definisi Standing AC

Sumber : Freepik 

Alt text : AC yang berdiri namanya apa

Deskripsi : Ilustrasi standing AC

Standing AC memang merupakan salah satu jenis AC atau Air Conditioner yang sering Anda temukan di dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, memang ada sedikit perbedaan di antara AC jenis ini dengan AC pada umumnya. 

Salah satu perbedaan yang paling menonjol adalah bagaimana cara pemasangan AC. Jika biasanya AC ditempel di dinding dan tidak bisa Anda bawa ke mana-mana, maka jenis AC yang satu ini berbeda. Sebab, standing AC memang portable dan bisa Anda letakkan di mana saja. 

Bentuknya pun sedikit berbeda, karena standing AC memiliki bentuk memanjang ke atas dan bukan ke samping. Secara bentuk, AC jenis ini memang lebih mirip seperti kulkas daripada AC biasa yang sering Anda lihat di rumah, hotel, atau bahkan di apartemen. 

Sama seperti namanya, AC ini bisa berdiri sendiri tanpa harus dipasang di dinding. Jadi, bagi Anda yang ingin tahu AC yang berdiri namanya apa, namanya adalah standing AC. Hal ini selaras dengan kata stand, yang secara literal berarti berdiri, terletak, dan tidak bergerak.[1]

Fungsi Standing AC

Sumber : Freepik 

Alt text : Fungsi standing AC

Deskripsi : Ilustrasi orang memakai standing AC

Namun, jika berbicara secara fungsi, fungsi standing AC memang tidak jauh berbeda dengan jenis AC konvensional pada umumnya. Fungsi utamanya adalah untuk membuat suatu ruangan menjadi lebih dingin. Anda pun akan lebih sering menggunakannya di indoor, seperti AC biasanya. 

Selain itu, standing AC juga berfungsi untuk melancarkan sirkulasi udara agar ruangan tidak terasa pengap meskipun ada banyak orang di dalam ruangan. Itu kenapa penggunaan standing AC memang lebih banyak di dalam ruangan atau indoor

Itu kenapa Anda akan sering menemukan AC jenis ini di suatu event. Fungsinya agar semua orang yang datang ke event tersebut merasa nyaman selama acara berlangsung. 

Lalu, kenapa harus standing AC dan bukan AC biasa? Salah satu kelebihan AC standing floor adalah sifatnya yang portable dan praktis. Jadi, Anda tidak perlu repot membongkar pasang AC di dinding saat menggunakan AC jenis ini. 

Cara Kerja Standing AC

Sumber : Freepik 

Alt text : Cara kerja AC standing floor

Deskripsi : Ilustrasi penggunaan standing AC

Setelah mengetahui apa fungsinya, Anda pun perlu tahu bagaimana cara kerja AC standing floor. AC jenis ini menerapkan sistem refrigerant. Caranya adalah dengan menyerap kalor atau panas di dalam lingkungan, sebelum kemudian melepaskannya ke lingkungan lain.[2]

Dengan sistem ini, udara panas akan terserap dengan cepat. Hal ini karena AC akan secara intens mengeluarkan cairan uap yang bisa menangkap kalor tersebut dan memindahkannya ke tempat lain. 

Selain itu, standing AC juga dilengkapi dengan teknologi turbo cooling function. Dengan teknologi yang satu ini, proses pendinginan suatu ruangan bisa menjadi lebih cepat dan lebih merata. Jadi, bagi Anda yang ingin tahu apa itu standing AC, itu adalah AC dalam bentuk portable yang lebih praktis untuk suatu event. Anda pun bisa menyewa standing AC dengan cepat dan mudah di Akusewa. Selain memiliki standing AC berkualitas untuk segala event, harga sewanya pun sangat murah.




Komentar